Selasa, 25 Oktober 2011

PENYAKIT KULIT AKIBAT ALERGI DAN FOTOSENSITISASI PADA HEWAN BESAR

PENYAKIT KULIT AKIBAT ALERGI DAN FOTOSENSITISASI

PADA HEWAN BESAR

Alergi dan Penyebabnya Alergi merupakan suatu reaksi abnormal dalam tubuh yang disebabkan zat-zat yang tidak berbahaya. Alergi timbul bila ada kontak terhadap zat tertentu, yang biasanya, pada orang normal tidak menimbulkan reaksi. Zat penyebab alergi ini disebut allergen. Allergen bisa berasal dari berbagai jenis dan masuk ke tubuh dengan berbagai cara. Bisa saja melalui saluran pernapasan, berasal dari makanan, melalui suntikan.

PENYAKIT KULIT YANG DISEBABKAN OLEH ALERGI PADA HEWAN BESAR

A. URTIKARIA PADA KUDA

Etiologi

Disebabkan oleh reaksi alergi sesuatu yang dimakan, dihirup atau disuntik, yang banyak menyebabkan pembengkakan lunak menggumpal pada semua atau sebagian dari kulit kuda. Urtikaria adalah indikasi pertama bahwa kuda mengalami alergi terhadap sesuatu. Ditemukan kulit penutup bahu dan perut lunak, ada plak (sedikit terangkat, pembengkakan datar-atas), bercak dan gumpalan. Kemungkinan besar bahwa ini adalah urtikaria dan mungkin karena hipersensitivitas - reaksi alergi di kulit. Meskipun penampilannya kadang-kadang bisa seperti dermatitis, urtikaria jarang menyebabkan gatal atau menyakitkan. Reaksi urtikarial dapat terjadi karna paparan berbagai macam jenis alergen, seperti obat, komponen pakan. Mungkin beberapa jam, atau lebih lama, edema muncul antara eksposur dan tanda kulit. Sebagian besar alergen disebabkan oleh konsumsi (makanan), inhalasi, atau suntikan, dan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Urticarias dapat disebabkan oleh kontak kulit langsung tetapi ini jarang terjadi.

Imunologi urticarias

· Pakan: hay baru, biji gandum. Diperkirakan bahwa makanan siap saji menyebabkan beberapa kasus.

· Reaksi terhadap obat: penisilin dan 'Bute' sering mengimplikasi.

· Gigitan dan sengatan serangga.

· Bakteri dan virus

· Airborne agen: serbuk sari, debu bahan kimia, jamur / spora jamur

Non-imunologi (fisik) urticarias

· Panas atau dingin

· Latihan berat (terutama pada temperatur ekstrim)

· Tekanan fisik

· Stres

· Cahaya yang berlebihan


Aspek yang perlu diperhatikan

Perhatikan Aspek manajemen kuda selama tiga atau empat minggu sebelumnya, khususnya perubahan terbaru seperti :

· obat-obatan, seperti vaksinasi, cacing, antibiotik

· Makanan, seperti jerami baru, suplemen.

· Faktor-faktor fisik seperti temperatur yang ekstrem

· Kontak faktor-faktor seperti bilasan dan semprotan

· Faktor-faktor musiman seperti serangga, serbuk sari

Pengobatan

Benjolan ini akan hilang dengan sendirinya hanya dalam beberapa jam , jika tidak kunjung hilang maka dapat di berikan:

1. steroid, paling praktis untuk menangani kasus berulang atau kronis dari urtikaria.

2. Antihistamin tidak menghasilkan hasil yang baik pada kuda dan dapat menyebabkan efek samping yang sangat tidak diinginkan, paling sering laminitis.

3. Antigen desensitisasi atau netralisasi, dengan menggunakan bentuk "self-vaksinasi", yang kurang dipahami. Cara ini mahal, dengan hasil yang sangat bervariasi.

Jika semuanya gagal, dilakukan perubahan lingkungan, seperti pindah ke tempat yang berbeda dikombinasikan dengan diet yang baru. Ini mungkin tidak sangat ilmiah, tapi bisa jauh lebih hemat biaya dalam jangka panjang. Jika urtikaria terus terjadi maka penyebabnya harus ditemukan dengan melihat semua aspek pada kuda dalam aktivitas sehari-hari, seperti pakan, suntikan, bahan kimia yang digunakan, dan cuaca.

Gambar urtikaria pada kuda

B. DERMATITIS PADA KUDA


Etiologi

Equine dermatitis adalah semua kondisi inflamasi dari kulit yang mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dari kulit kuda. Kulit kuda itu sendiri menjadi merah dan bersisik atau dalam kasus yang ekstrim dapat di temukan cairan. Equine dermatitis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau alergi / sensitif terhadap zat tertentu termasuk racun serangga (gigitan).

Gejala Klinis

Seekor kuda dengan dermatitis berat biasanya akan menggaruk, menggosok, mengunyah atau menggigit di wilayah yang terkena. Ini adalah upaya kuda untuk meringankan gatal. Tanda-tanda lain seperti gatal-gatal (urtcaria), papula, scale dan kerak juga indikasi dermatitis. Jenis utama dermatitis pada kuda yaitu :

1. Dermatitis kontak

Jenis dermatitis yang kuda menimbulkan benjolan merah dengan pengerasan kulit dan rambut rontok. Ini biasanya terjadi di sekitar moncong, lingkar sadel, kaki, tungkai, dan daerah lainyang kontak dengan lesi. Kulit yang sembuh berubah menjadi putih (depigmentasi).

2. Dermatitis kontak alergi.

Bentuk dermatitis kuda juga menyebabkan benjolan merah, pengerasan kulit dan rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh kontak berulang atau terus-menerus dengan alergen. Dermatiti dapat juga menyebar ke luar daerah kontak.

3. Pruritic dermatitis.

Jenis dermatitis kuda bisa menyebabkan gatal parah, gatal-gatal dan tanda-tanda reaksi alergi. Pruritic dermatitis umumnya disebabkan oleh gigitan serangga, nyamuk dan lalat kuda

4. Pemphigus foliaceus.

Ini adalah kondisi yang relatif jarang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap suatu zat pada kulit kuda. Kondisi ini awalnya menghasilkan lecet, scabs, dan kulit bersisik. Kemudian, ulcerations tampil dengan pengerasan kulit dan berdarah serum.

Pengobatan

Untuk pengobatan dapat dilakukan perubahan manajemen pemeliharaan. Jika kuda alergi terhadap zat tertentu maka dihindarkan dari zat tersebut akan membantu meringankan gejala. Misalnya, kuda yang sensitif terhadap gigitan serangga harus dimasukkan ke kandang sebelum pertengahan pagi dan sore, dan penolak serangga harus digunakan. Kuda dengan kondisi kulit berat atau kronis kadang-kadang diberi terapi cortisone, yang dapat membantu meringankan kondisi tersebut.

C. ECZEMA

Etiologi

Penyakit ini disebut juga atitis atopik, karena reaksi dari gigitan nyamuk Culicoides. Ini adalah penyebab utama reaksi hipersensitif alergi pada kuda. Nyamuk ini menimbulkan gigitan menyakitkan, dan setelah mereka menggigit, menghisap darah dari daerah tersebut. Air liur culicoides memiliki protein asing yang mengandung antigen yang memicu reaksi di kulit kuda dalam 6-24 jam setelah gigitan. Reaksi menyebabkan kemerahan dan kondisi gatal.




Gejala klinis

Gejala yang timbul setelah tersetang penyakit ini biasanya rambut rontok, kulit bagian perut dan ekor merah, keras, meradang. Kondisi gatal akan membatasi kuda untuk beraktifitas dengan normal. eczema tidak menular pada kuda lainnya. Ada komponen genetik untuk eczema - keturunan kuda Summer Eksim lebih rentan.

Penanganan

1. Menghentikan kasus yang aktif

Mulai dengan pemberian Suplement SE Oral dua kali sehari dalam pakan (20cc). Suplemen ini untuk menenangkan reaksi gigitan Culicoides. Tumbuh-tumbuhan akan mengurangi peradangan untuk penyembuhan dan menghentikan gatal.



2. Shampoo

Shampoo untuk menghilangkan kerak dan puing-puing bakteri. Shampoo membantu dalam penyembuhan. Gunakan tiga hari berturut-turut dan kemudian dua kali seminggu sampai kulit sembuh.

3. Enzim Quadrabiotic Salep

Setelah mengeluarkan kerak dengan Shampoo, keringkan daerah tersebut, dan pijat perlahan, olesi salep di daerah yang terkena, ini guna untuk memerangi infeksi bakteri sekunder, dan menghentikan gatal.

4. RK ™ Topical Spray

Berikan RK Spray ™ topikal dua kali sehari. Untuk mengusir dan membunuh Culicoides, Kutu, Nyamuk, dan Lalat . Spray ini sangat penting dalam penyembuhan kulit.

Gambar RK ™ Topical Spray


PENGOBATAN ALERGI DI KUDA SECARA UMUM

Seperti dengan manusia dan hewan pendamping yang kecil, telah ada peningkatan kesadaran penyakit alergi pada kuda. Seperti spesies lainnya, equines mungkin menderita dari satu atau lebih penyakit alergi seperti hipersensitivitas serangga, atopi, alergi makanan dan alergi kontak. Dalam diagnosis dan pengobatan alergi pada kuda ini, dokter kulit hewan terus di dalam pikiran "penjumlahan efek". Dengan kata lain, lebih dari satu kondisi yang mungkin memiliki efek aditif mengakibatkan tanda-tanda klinis dari kuda. Oleh karena itu, seperti pada pasien hewan kecil, protokol diagnostik dan terapi harus dilanjutkan dengan cara-langkah teratur demi-langkah yang mempengaruhi pasien lingkungan dan predisposisi diuji dalam hubungannya dengan perlakuan faktor mengabadikan sekunder seperti infeksi bakteri dan ragi. Biasanya kami sarankan mengesampingkan atau pengobatan infeksi sekunder atau penyakit parasit sebelum melanjutkan dengan tes alergi. Seperti pada pasien hewan kecil, TIDAK ADA CURE UNTUK ALERGI. Tujuannya adalah kontrol gejala kuda untuk memberikan kualitas hidup yang baik biasanya melalui berbagai bentuk terapi. Berikut ini adalah komponen dari program yang aman untuk pengobatan alergi pada pasien kuda:

a. Pengendalian Lingkungan

Menghindari atau pengurangan pajanan terhadap menyinggung alergen adalah pengobatan ideal untuk alergi. Dalam aplikasi praktis, bagaimanapun, ini mungkin bermasalah. Kita biasanya berusaha untuk mengidentifikasi dan mengendalikan pengaruh lingkungan dalam hubungannya dengan terapi sistemik dan topikal.

1. Kontrol Lingkungan serangga :

Contoh rekomendasi yang khas adalah sebagai berikut: Pindah kuda menjauh dari berdiri air, kompos, tumpukan pupuk kandang dan ternak; Menggunakan terbang lembaran dan topeng disemprot dengan permetrin sebagai penolak, kandang selama jam senja dan fajar ketika agas biasanya paling buruk mereka; Mempekerjakan kipas angin kotak dalam warung, waktu merilis semprotan serangga, dan 32 x 32 per 2,5 cm meshing.

2. Meminimalkan paparan debu di lumbung pangan:

Hal ini mungkin melibatkan instalasi tikar karet dan / atau tempat tidur yang menghasilkan debu kurang. Beralih ke jerami basah-down, jatah pellet, atau silase rumput juga mungkin bermanfaat.

3. Memindahkan kuda dari lingkungan seluruhnya:

Hal ini mungkin mustahil bagi pemilik tetapi dapat menjadi terapi menghindari ideal jika praktis untuk masing-masing pasien. Langkah ini bisa melibatkan pembatasan kegiatan tergantung pada penyebab yang diidentifikasi oleh dokter kulit. Sebagai contoh, jika jamur atau debu yang diidentifikasi dengan tes alergi kulit menyinggung alergen, pasien mungkin akan dipindahkan keluar ke padang rumput. Jika gejala berhubungan dengan alergi serbuk sari di padang rumput musim panas, kandang pada saat serbuk sari puncak mungkin dianjurkan. Untuk beberapa kuda, gerakan ke gudang berbeda atau pertanian mungkin dianjurkan.

4. Miscellaneous:

Miscellaneous alergen yang dapat dengan mudah diabaikan meliputi: obat topikal (salep, semprotan dan bubuk), suplemen vitamin dan dewormers, dan deterjen digunakan dalam membersihkan selimut dan bantalan pelana.

b. Percobaan Makanan

Alergi makanan atau hipersensitivitas adalah penyakit kuda yang terkait dengan mengkonsumsi satu atau lebih zat dalam makanan kuda. Untuk dokter kulit, membedakan suatu intoleransi makanan (non-alergi) dari alergi makanan yang benar adalah sulit. Pada waktu saat ini satu-satunya cara definitif mendiagnosis alergi makanan pada kuda (seperti pada pasien hewan kecil) adalah melalui diet eliminasi dan pengujian provokatif. Hal ini biasanya melibatkan sidang 4-6 minggu idealnya terdiri dari novel makanan sumber kepada pasien individu dan penghapusan semua vitamin yang tidak perlu, suplemen atau obat-obatan. Sebuah makanan curah yang sebelumnya tidak digunakan kemudian makan selama sidang (timothy yaitu, alfalfa, oat digulung atau barley). Jika butir harus diberi makan, beralih dari umpan manis ke gandum murni seperti gandum atau jagung. Konfirmasi diagnosis dibuat oleh rechallenging dengan unsur-unsur individu ransum setiap 7 hari dan pemantauan untuk kembalinya gejala. percobaan diet ketat dan akurat lebih sulit untuk tampil di kuda daripada pada anjing dan kucing.

c. Tropical Terapi

1. Kontrol Terapi

Kontrol terapi adalah bagian wajib rejimen pengobatan untuk alergi kuda. repellents Fitur meliputi:

· KO LA ®, Zonk it ®, Perang Paint ®, dan Amigo Fly Sheet ® produk yang efektif

· semprotan Fly yang paling efektif bila menggabungkan permetrin, tabir surya dan silikon

· Avon Skin-So-Soft 50:50 mandi minyak ® diencerkan dengan air

· Avon Skin-So-Soft lotion ® Big Guard Plus IR3535 dengan tabir surya

· Produk dengan DEET (N, N-dietil-m-toluamide) solusi di sekitar konsentrasi 15%

2. Shampoo Terapi

Pemilihan kedua shampoo obat dan non-obat yang dibuat berdasarkan gejala individu kuda alergi. Cool air harus selalu digunakan untuk pasien gatal. Untuk kuda gatal, shampoo yang mengandung oatmeal dengan atau tanpa anestesi topikal pramoxine mungkin berharga. Sampo yang mengandung steroid juga dapat berharga. shampoo Antiseborrheic dianjurkan untuk kuda dengan skala yang berlebihan, dan sampo antimikroba bagi mereka dengan infeksi sekunder.

3. Tinggalkan-on Terapi Topical

Ini adalah produk topikal yang tidak dibilas. Mereka termasuk dips, semprotan, salep dan meninggalkan-on conditioner. Produk yang dipilih berdasarkan kebutuhan pasien individu, antiparasit, anti-gatal, antiseborrheic atau antimikroba.

d. Terapi Sistemik

1. Kortikosteroid:

Steroid telah lama menjadi andalan pengobatan penyakit alergi di kedua hewan pendamping dan equines. Mereka bekerja dengan penekanan yang luas dan pencegahan produk kimia inflamasi dan produk yang terlibat dalam respon alergi. Meskipun umumnya diterima dengan baik di kuda, jarang terlihat buruk efek samping mungkin merupakan akibat dari berulang, gunakan kronis atau agresif dari steroid di kuda seperti pada hewan kecil. Ini termasuk perubahan perilaku, peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan penyembuhan luka yang buruk. Laminitis dan hyperadrenocorticism disebabkan oleh penggunaan steroid telah didokumentasikan tetapi telah disebutkan anekdot. Dua steroid sistemik yang paling umum digunakan pada pasien kuda untuk pengobatan alergi jangka pendek adalah: prednisolon tablet atau sirup dan tablet deksametason diperparah atau disuntikkan.

2. Antihistamin:

Antihistamin sering diresepkan untuk kuda alergi sebagai alternatif yang lebih aman untuk steroid untuk kontrol jangka panjang gejala. Yang antihistamin paling umum yang kami pilih adalah hydroxyzine, tapi pilihan lainnya termasuk doxepin, amitriptyline, chlorpheniramine, dan diphenhydramine. Seperti pasien alergi hewan kecil, ada variasi yang besar dalam menanggapi anthistamines yang berbeda, sehingga kadang-kadang diperlukan untuk antihistamin yang berbeda akan diadili untuk pasien individual. Meskipun memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada kortikosteroid, beberapa efek samping mungkin perlu dicatat, yang paling umum yang meliputi sedasi ringan dan perubahan kepribadian.

3. Imunoterapi alergen Tertentu (ASIT):

Kami menggunakan uji kulit intradermal untuk menyinggung alergen di kuda atopik. Alergen ini termasuk serbuk sari dari rumput liar, pohon, dan rumput serta serangga, tungau, jamur dan danders. reaksi positif dengan suntikan menunjukkan adanya antibodi sensitisasi kulit, jenis sel inflamasi yang dikenal sebagai sel mast yang degranulate pada paparan, dan jaringan yang menanggapi mediator inflamasi dilepaskan. reaksi tes kulit positif dilihat dalam hubungannya dengan sejarah klinis dan paparan lingkungan kuda digunakan untuk merumuskan imunoterapi alergen-spesifik (ASIT) "vaksin", yang digunakan untuk hyposensitize kuda. ASIT telah digunakan untuk kontrol urtikaria (sarang) dan dermatitis sekunder untuk atopi, hypersensitivities serangga, dan alergen yang disebabkan obstruksi jalan napas berulang. Meskipun dalam beberapa kasus, perbaikan dapat dilihat sebagai awal 2 bulan ke imunoterapi, minimal 12 bulan diperlukan untuk menentukan keberhasilan dalam setiap pasien kuda diberikan. Suntikan diberikan secara subkutan.

PENGUJIAN UNTUK ALERGI KULIT

Uji kulit untuk alergi digunakan untuk mengidentifikasi zat yang menyebabkan gejala alergi Anda. Hal ini sering dilakukan dengan menerapkan suatu ekstrak alergen pada kulit, menggaruk atau menusuk kulit untuk memungkinkan eksposur, dan kemudian mengevaluasi reaksi kulit. Hal ini juga dapat dilakukan dengan suntikan alergen di bawah kulit, atau dengan menerapkannya pada sebuah patch yang dipakai pada kulit untuk jangka waktu tertentu.


Prosedur bervariasi tergantung pada jenis tes alergi.

· Scratch test (juga dikenal dengan uji tusuk)

Pertama, melakukan pemeriksaan kulit dan bersihkan dengan alkohol. Wilayah pada kulit ditandai untuk mengidentifikasi setiap alergen yang akan diuji. Setetes ekstrak untuk setiap alergen potensial - seperti serbuk sari, atau racun serangga - ditempatkan pada tanda yang sesuai. Perangkat menusuk kecil sekali pakai ini kemudian digunakan sehingga ekstrak dapat masuk ke lapisan luar kulit, yang disebut epidermis. Tusukan kulit tidak ditembak dan tidak menyebabkan perdarahan.

· Uji intradermal

Setelah memeriksa dan membersihkan kulit, sejumlah kecil alergen disuntikkan di bawah kulit.

· Patch test

Cara lain adalah dengan menerapkan alergen ke patch yang kemudian diletakkan pada kulit. Hal ini dapat dilakukan untuk menentukan pemicu dermatitis kontak alergi. Jika ada antibodi alergi di sistem anda, kulit anda akan menjadi jengkel dan mungkin gatal, seperti gigitan nyamuk. Reaksi ini berarti alergi terhadap zat tersebut.




FOTOSENSITISASI

Banyak kasus keracunan tanaman pada hewan domestik ditandai dengan fotosensitisasi. Fotosensitisasi adalah gejala dermatitis dan/atau konjungtivitis dan/atau cutaneous hyperesthesia yang berkembang pada hewan yang terpapar oleh cahaya matahari. Fotosensitivitas berarti peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari secara berlebihan yang disebabkan oleh deposisi molekul yang mampu mengabsorbsi gelombang matahari pada kulit.


Mekanisme fotosensitisasi

Fotosensitisasi dapat terjadi melalui beberapa cara, yaitu:

1. Setelah absorpsi radiasi sinar matahari, molekul sensitisasi mengalami perubahan panjang gelombang menjadi molekul triplet. Molekul sensitisasi triplet kemudian berinteraksi dengan molekul lain melalui hidrogen atau proses transfer elektron untuk menghasilkan radikal bebas yang sangat reaktif. Radikal bebas tersebut kemudian bereaksi dengan oksigen atau molekul lain, atau melalui transfer energi secara langsung kepada molekul oksigen yang menghasilkan oksigen tunggal dan kemudian dapat mengoksidasi substrat yang peka. Proses ini lebih sering terjadi dan porphyrin merupakan penyebab fotosensitisasi.

2. Penyimpanan senyawa kimia fotosensitisasi umumnya terjadi pada sel endothelial dari kapiler dermis dan dalam hal tertentu adalah sel mast dermis. Beberapa senyawa aktif mungkin berikatan hanya pada membran permukaan kapiler, sedangkan lainnya diabsorbsi ke dalam sel yang akan menyimpan senyawa aktif tersebut di dalam lysosomes. Melalui absorbsi cahaya dengan penjang gelombang yang tepat oleh endothelium kapiler yang terdapat di dalam lapisan luar dermis, maka kerusakan sel umumnya terjadi melalui pelepasan enzim proteolitik dari lysosomes. Akibatnya terjadi peningkatan permeabilitas kapiler, nekrosis sel, oklusi vaskuler dan inflamasi akut. Bila penetrasi pada epidermis oleh radiasi dicegah baik oleh ketebalan kulit, bulu penutup atau pigementasi seperti kulit hitam, maka fostosensitisasi tidak akan terjadi.

3. Kadang-kadang fotosensitisasi harus didiferensiasi dari dermatitis (sunburn) sederhana. Dematitis sederhana tersebut merupakan reaksi normal kulit yang tidak terlindungi, tidak berpigmentasi terpapar oleh cahaya matahari, dan disebabkan oleh radiasi ultraviolet dengan panjang gelombang yang pendek (320 nm).

Klasifikasi fotosensitisasi

Seekor hewan menglami fotosensitisasi biasanya melalui absorpsi senyawaan tertentu yang dimasukan atau terbentuk di dalam traktus alimentarius. Namun fotosensitisasi yang lebih luas dapat terjadi melalui absorpsi ke dalam kulit dimana senyawa fotosensitisasi secara lokal mengandung bahan minyak atau bahan obat gosok. Keberadaan penyakit metabolik kongenital dan obat penyebab penyakit (drug-induced diseases) dapat menimbulkan senyawa sensitisasi endogenous yang berlebihan atau abnormal. Senyawa tersebut dapat berupa porphyrin non-fisiologis seperti uroporphyrin I (seperti porphyria erythropoietic kongenital pada sapi dan babi), atau jumlah berlebihan dari tipe III porphyrin alami, termasuk protoporphyrin IX ( seperti pada obat penyebab gangguan sintesis haem hati).

Fotosensitisasi diklasifikasikan menjadi:

1. Fotosensitisasi primer (Tipe I) – langsung dari racun tanaman.

2. Fotosesitisasi sekunder atau hepatogenus (Tipe II) – akibat dari metabolit racun.

3. Fotosensitisasi primer. Beberapa tanaman mengandung senyawa fluoresen yang berpotensi merangsang pigmen, setelah absorpsi dari lambung masuk ke dalam aliran darah portal, dan tidak dikeluarkan secara sempurna oleh hati, tetapi tetap berada di dalam sirkulasi peripferal dan mencapai kapiler kulit.

Tanaman tersebut meliputi:

1. Fagopyrum esculentum (boekweit, buckweat) – mengandung pigmen helianthrone.

2. Seledri – mengandung furocoumarin.

3. Phenothiazine – berubah menjadi phenothizine sulphoxide di dalam rumen, kemudian menjadi phenothiazone di dalam hati.

Fotosensitisasi sekunder atau hepatogenus. Kebanyakan fotosensitisasi pada hewan domestik bukan fotosensitisasi primer tetapi bersifat sekunder terhadap kerusakan hati. Banyak tanaman dapat menimbulkan kerusakan jaringan hati dan sebagai akibatnya fotosensitisasi merupakan gejala klinis dari keracunan tanaman. Senyawaan fotosensitisasi tersebut adalah phylloerythrin. Phylloerythrin berasal dari chlorophyll melalui proses mikroba di dalam saluran pencernaan. Pigmennya merupakan porphyrin fluorescent. Senyawa ini diserab kedalam darah portal dan dikeluarkan oleh hati untuk diekskresikan ke dalam empedu, yang merupakan sirkulasi enterohepatik. Salah satu gambaran kerusakan sel hati adalah ketidak mampuan dalam mengambil phylloerythrin dari darah sinusoid dan mengeluarkannya ke dalam empedu. Phylloerythrin yang beredar di dalam darah perifer secara tidak langsung diekskresikan melalui urin sebagai porphyrin endogenous yang mengandung berbagai kelompok hydrofilik, dan hal ini juga meningkatkan potensi fotosensitisasinya. Tanaman-tanaman tersebut adalah:

1. Lantana camara (bunga pagar, tahi ayam, tai kotok) – mengandung lantadene.

2. Cengkeh

3. Leguminosa

http://bbalitvet.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/dermatitis%20pada%20ambing%20akibat%20keracunan%20lantana%20camara.pnghttp://bbalitvet.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/dermatitis%20pada%20kuda.png

Dermatitis pada ambing susu (Kiri) dan pada mulut Kuda (Kanan

PENYAKIT KULIT AKIBAT FOTOSENSITISASI

Sapi Bali adalah ras pilihan untuk kegiatan peternakan sapi di daerah dengan produktivitas pakan hijauan yang rendah (daerah kering), terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan pada sapi Bali, seperti : perlu waktu yang lama untuk berahi kembali setelah melahirkan, penyakit Jembrana, penyakit Baliziekte dan penyakit Coryza. Penyakit Baliziekte selalu terjadi pada musim kemarau, paling tidak terjadi selama 9 bulan di daerah-daerah kering seperti NTB, penyakit ini menunjukkan gejala reaksi hipersensitivitas kulit terhadap sinar matahari (fotosensitisasi) yang disebabkan oleh konsumsi tanaman yang bersifat meracuni hati, seperti Lantana camara. Medikasi etno-veteriner untuk penyakit ini diperkenalkan oleh deputy NFM on farming system SPFS Indonesia (Johan Purnama DVM, MSc) untuk menyelesaikan masalah secara aman dengan ongkos medikasi yang rendah, menggunakan tanaman herbal dan bahan alami yang ada di sekitar lokasi

BALI ZIEKTE

Etiologi

Penyakit Baliziekte pertama kali ditemukan pada tahun 1925 Subberink dan Le Cultre di beberapa tempat di Bali, yang kemudian juga ditemukan di sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Penyakit Baliziekte biasa ditemukan pada musim kemarau pada sapi Bali, penyebab penyakit ini adalah suatu reaksi hipersensitivitas fotosensitisasi yang disebabkan oleh tanaman –tanaman : Lantana camara dan Medicago sp. Tanaman-tanaman ini sangat mudah tumbuh dan mampu bertahan dalam situasi kering sehingga terkadang menjadi pilihan makanan oleh ternak sapi yang dipelihara dengan pola penggembalaan.

Lantana camara mengandung Lantadene-A yang bersifat meracuni hati (hepatotoksik), sehingga hati akan melepaskan beberapa zat yang akan menimbulkan reaksi peningkatan kepekaan kulit terhadap sinar matahari (fotosensitisasi).

Gejala Klinis

Pada awalnya, sapi yang mengalami penyakit bali ziekte mengalami demam, pucat (anemik), mata berlendir, dan hidung mengalami peradangan. Peradangan pada selaput lendir akan berlanjut menjadi luka – luka dangkal yang tertutup oleh keropeng. Kerusakan kulit berupa eksim akan mengering, kemudian mengelupas menyerupai kerupuk dan akhirnya terlepas meninggalkan luka.

Kerusakan pada kulit akibat serangan penyakit bali ziekte terutama terjadi dibagian tubuh sapi yang tidak ditumbuhi bulu atau yang bulunya jarang. Kulit sapi yang sedikit atau tidak berpigmen dan yang terus menerus terkena sinar matahari, seperti bagian telinga, muka, punggung,perut, paha bagian dalam, scrotum, dan cermin pantat juga sering mengalami luka – luka. Pada awalnya, luka – luka tersebut timbul secara simetris, yaitu terjadi pada tubuh bagian kanan dan kiri pada organ yang sama. Luka yang timbul menyebabkan rasa gatal, sehingga sapi akan menjilat – jilat bagian yang luka tersebut sehingga semakin melebar. Belatung (larva lalat) dan kuman sering menyebabkan infeksi sekunder dan membuat luka semakin parah dan bernanah.

Umumnya tingkat mortalitas penyakit ini rendah, kerugian timbul karena laju pertambahan bobot badan yang sangat rendah, kematian akan timbul bila terjadi infeksi general (sepsis) akibat adanya infeksi sekunder pada luka-luka terbuka. Perkembangan luka radang biasanya akan diikuti oleh timbulnya larva lalat yang bertelur pada luka (myasis), keadaan ini akan semakin memperparah kondisi sapi yang sakit.

Medikasi etno-veteriner untuk baliziekte

Dasar pengobatan etno-veteriner untuk penyakit ini adalah mengeliminasi racun yang ada dalam sirkulasi darah dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Sapi ditempatkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung

2. Berikan air minum dalam jumlah yang banyak

3. Luka ditutup dengan campuran Kapur + Biji Pinang (Areca catechu) + Kunyit (Curcuma domesticate rhizoma) (2 : 1 : 2 dalam berat) selama 3 hari berturut-turut. Semua bahan dihaluskan dan dicampur menjadi satu, kemudian ditambah dengan sedikit air, hingga berbentuk krim atau lotion.

4. Sementara sapi diberikan makanan yang bersifat detoksikatif seperti : Rambutan + garam atau Mentimun + garam. (3 kg + 3 sendok makan garam) per hari untuk sapi dewasa (125 – 200 kgm. Bobot Badan) selama 3 hari berturut-turut, atau diberikan air kelapa sebanyak 5 butir kelapa per hari selama 3 hari berturut-turut.

5. Pencegahan infeksi sekunder dilakukan dengan pemberian bawang putih (50 gram-100 gram untuk sapi dewasa) yang dihancurkan dan dicampurkan dengan konsentrat, kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil dan diberikan per hari selama 5 hari berturut-turut, ramuan ini lebih baik lagi bila ditambah dengan temulawak (Curcuma xanthorrica) (50 gram untuk sapi dewasa) untuk mempercepat regenerasi sel-sel hati. Dosis untuk sapi muda lebih kurang ¼ - ½ dosis sapi dewasa

6. Eliminasi semua tanaman yang bersifat hepatotoksik di sekitar area pemeliharaan.

7. Sapi akan segera menunjukkan reaksi kesembuhan dalam waktu 7 hari.

Dampak Bagi Petani SPFS

Pertumbuhan populasi sapi Bali yang sangat tinggi di SPFS Lombok Tengah (87% per tahun). Hal ini memberikan dampak meningkatnya kasus keracunan pakan, terutama yang disebabkan oleh konsumsi Lantana Camara yang menimbulkan suatu penyakit hipersensivitas yang sangat khas terdapat pada sapi Bali yang dikenal dengan Baliziekte.

Antisipasi kasus keracunan dengan peningkatan produksi pakan hijauan dan reboisasi menggunakan tanaman pakan ternak di Lombok Tengah terbukti mulai menurunkan kasus keracunan. Implementasi medikasi dengan bahan natural (herbal dan anorganik) memberikan hasil yang sangat positif pada arus kas kelompok tani, karena terdapat pengurangan biaya pada pos pengeluaran untuk medikasi


DAFTAR PUSTAKA.

http://www.equestrianandhorse.com/care/veterinary/urticaria.html

http://www.horseandhound.co.uk/horsecare/397/148313.html

http://www.recoveryeq.com/dermatitis_horses.htm#top

http://www.equinemedsurg.com/faqse.html

http://www.equinemedsurg.com/searticle.html

http://database.deptan.go.id/saims-indonesia/index.php?files=DetailTechnologies-Indo&id=75

Tidak ada komentar:

Posting Komentar